“Bun, parenting di agenda parents gathering buat Ayah manfaatnya apa ya?”, tanya seorang ayah.

Begitu kira-kira dialog menarik antara ayah dan bunda yang kami dengar sesaat sebelum agenda di sekolah dimulai. Di era digitalisasi ini sinergi Ayah dan Bunda dalam pendidikan ananda sangatlah penting. Dari sini lah ide kami menulis tentang pola asuh tumbuh kembang ananda dan seputar kehangatan keluarga bermula.

Izinkan kami membagikan karya pertama kami..

Kerjasama yang terjalin dengan baik antara ayah dan bunda dalam pendampingan tumbuh kembang ananda (proses pengasuhan) akan mampu membentuk keluarga yang harmonis. Terlebih, bila peran ayah dapat terlaksana dengan baik, maka kelak hal tersebut akan menumbuhkan banyak kemanfaatan untuk ananda. Beberapa diantaranya yaitu:

πŸ”… Ananda akan menjadi pribadi yang cerdas secara emosional, potensinya lebih optimal dan bertanggungjawab.

πŸ”… Ayah Membantu Ananda Menjadi lebih Berani Menghadapi Rintangan

Pendekatan ayah dan bunda tentu saja berbeda. Ayah cenderung mendorong anak untuk lebih berani keluar dari zona nyaman dan lebih siap menghadapi tantangan. Berani memulai pembicaraan dengan orang yang baru dikenalnya misalnya.

πŸ”… Ayah Berperan sebagai Pelindung si Kecil

Rasa aman karena kehadiran Ayah dapat membuat ananda lebih bebas dalam beraktivitas.

πŸ”… Ayah Memberikan Pengalaman Bermain yang Berbeda

Ayah lebih cenderung melakukan permainan yang berkaitan dengan fisik, kompetisi dan rintangan. Hal itu baik untuk membangun keberanian dan percaya diri si kecil.

πŸ”… Ayah Mendorong si Kecil jadi Lebih Disiplin

Ayah cenderung lebih tegas untuk menegakkan disiplin pada anak, dibandingkan ibu yang biasanya melakukan pendekatan emosional. Walaupun berbeda, dua cara tersebut saling melengkapi untuk menjadikan si kecil lebih disiplin.

Ayah, Bunda, meskipun demikian si kecil tetap harus merasakan kasih sayang, perhatian, pendampingan dan kesempatan bermain bersama dari Ayah dan Bunda secara seimbang sehingga mendapatkan pengalaman yang lebih maksimal.

Disusun oleh:
_Tim Parenting dan Wonderful Family
SDICT Al Abidin Surakarta_

πŸ“²Kontak Info Pendaftaran Sekolah dan Kerjasama:
https://wa.me/6285647660788